Posted by : Prof. Dr. H Suwanda Sitorus, SKom., MM Rabu, 07 Agustus 2013


Hunter × Hunter
Hunter x Hunter cover - vol1.jpg
Genre Aksi, Fantasi
Manga
Pengarang  Yoshihiro Togashi
Penerbit  Bendera Jepang Shueisha
Penerbit lainnya Bendera Republik Cina Tong Li Comics
Bendera Singapura Chuang Yi
Bendera Jerman Carlsen Comics
Bendera Hong Kong Bendera Makau Culturecom
Bendera PerancisBendera BelgiaBendera Kanada Kana
Bendera Amerika Serikat Viz Media
Bendera Malaysia Comics House
Anime
Hunter × Hunter
Sutradara  Kazuhiro Furuhashi
Studio Nippon Animation
Related works
Hunter × Hunter: Original Video Animation
Hunter × Hunter: Greed Island
Hunter × Hunter: Greed Island Final
Portal Anime dan Manga
Hunter × Hunter (ハンター×ハンター Hantā Hantā?) adalah serial manga karya Yoshihiro Togashi, yang bercerita tentang anak laki-laki berusia 12 tahun bernama Gon Freecss, dan usahanya untuk menemukan ayahnya, Ging Freecss. Ging adalah seorang Hunter, yang dalam cerita Hunter × Hunter yaitu anggota dari suatu kelompok elit yang memiliki segala macam izin untuk melakukan apapun dimanapun.

Karakter Utama

    Karakter Utama Hunter x Hunter
    Gon Freecss
    Gon Freecss (ゴン=フリークス): Seorang anak laki laki berumur 12 tahun yang mengembara untuk menemukan ayahnya yang sudah lama pergi dan tak pernah kembali. Gon mempunyai indera yang sangat tajam karena terbiasa hidup dihutan dan tidak takut pada monster. Gon sangat polos, baik dan setia kawan. Baca selengkapnya...



    Killua Zaoldyeck
    Killua Zaoldyeck (キルア=ゾルディック): Anak dari keluarga pembunuh bayaran proffesional yang sangat terkenal dan ditakuti oleh banyak kalangan. Memiliki sifat yang sangat cuek dan suka semaunya sendiri. Dia bertemu dengan Gon pada ujian hunter, namun sayang dia didiskualisifikasi dalam ujian hunter yang pertama karena tekanan kakaknya, Illumi Zaoldyeck. Karena pengaruh kakaknya itu, setelah ujian hunter, Killua terpaksa kembali kerumahnya. Baca selengkapnya...


    Leorio Paladinight
    Leorio (レオリオ=パラディナイト): Orang yang suka humor, bahkan kadang-kadang saat bertarung-pun ia sesekali bercanda. Merupakan teman baik Gon, Killua dan Kurapika. Dia memiliki cita-cita untuk menjadi seorang dokter karena dia pernah kehilangan seorang teman yang sangat akrab dengan dia,ia tak dapat menyembuhkan temannya itu. dia ikut ujian hunter pun hanya karena dia membutuhkan dana untuk ikut kuliah di universitas kedokteran, pada akhirnya dia berhasil menjadi seorang dokter. Tipe Nen Leorio adalah Hoshutsu, Leorio baru menunjukkan kemampuan Nen nya ketika dia menghajar Ging dari jarak jauh melalui lubang dimensi lain ketika pemilihan ketua komite Hunter yang baru sepeninggal Netero.
    Kurapika Kurata
    Kurapika (クラピカ): Lelaki yang "cantik" ini berumur 16 tahun,ia membuat banyak orang bertanya-tanya apakah dia lelaki atau perempuan. Leorio pernah ingin mengajukan tebakan, apakah Kurapika laki-laki atau perempuan saat ujian hunter di menara trik. Orang yang sangat akrab dengan Gon, bijaksana dan selalu berpikir dengan kepala dingin. Wawasannya luas karena hobinya membaca buku (terutama buku sejarah). Walau demikian, saat mendengar tentang Genei Ryodan, emosi dan hasrat balas dendam nya akan muncul, bersamaan dengan munculnya mata merahnya. Kurapika, sebagai keturunan suku Kuruta terakhir yang masih hidup memiliki mata merah yang hanya akan muncul saat ia mulai marah. Kurapika sebenarnya memiliki Nen bertipe Gugenka, (materialisasi) yang diwujudkan dengan rantai yang melilit tangan kanannya. Tetapi saat mata merahnya muncul, tipe Nen nya berubah menjadi Tokushitsu, atau spesialisasi. Saat matanya berubah merah, kemampuan khususnya adalah dapat menggunakan semua tipe Nen dengan tingkat kemahiran 100%. Kurapika mempunyai dendam yang mendalam terhadap Genei Ryodan, karena 5 tahun sebelum ujian hunter, Genei Ryodan membunuh seluruh anggota suku Kuruta yang mendiami wilayah Rukuso. Saat terjadi pelelangan di kota York Shin (Yorknew city), Banyak orang memburu mata merah dari suku Kuruta, sepasang bola mata suku Kuruta itu terjual dengan harga $2,9 miliar.

    Profil Ging Freecss:

    Ging Freecss
    Ging Freecss adalah ayah dari protagonis utama Gon Freecss. Kepergiannya menjadi motivasi Gon untuk menjadi seorang Hunter. Tepat setelah kepergiannya, orang tua Mito dan ayahnya meninggal secara berurutan. Dia adalah satu-satunya peserta yang  lulus Ujian Hunter ke 267. Dia adalah Hunter bintang ganda, dan mantan anggota dua belas Zodiak dengan kode nama “Babi Jantan". Setelah menjadi Hunter berlisensi, Ging mengabdikan dirinya untuk penggalian reruntuhan arkeologi. Dia menggunakan kekayaannya sendiri untuk mencapai pelestarian dan pemulihan reruntuhan. Prestasinya dalam arkeologi sekarang dianggap sebagai model teladan di seluruh dunia. Ging telah menjadi sangat kaya dan kuat sebagai presiden suatu negara. Dia saat ini menjadi Hunter Bintang ganda dan dapat memenuhi syarat untuk Lisensi Bintang tiga. Bagaimanapun juga Ging tetap menjadi tokoh misterius dan informasi tentang dia tidak diklasifikasikan bahkan dalam database resmi Hunter. Salah satu dari beberapa hal diketahui tentang dia adalah bahwa dia adalah pencipta utama dari Greed Island Nen-based game. Ketua Netero pernah mengatakan pada Biscuit bahwa Ging adalah salah satu dari lima pengguna Nen terbaik di dunia. Ging memiliki kepribadian pemalu dan keras kepala sebagai contoh dia hanya ingin bertemu Gon sendirian dan mengklaim bahwa Gon akan jadi pengecut jika dia membawa seorang teman untuk bertemu dengannya, menyebabkan salah seorang temannya bertanya-tanya apakah ia takut pada orang banyak. Setelah Gon sembuh (dari luka parah setelah bertarung dengan Nefelpitou), ia dan Hunter lainnya memasuki ruang pemilihan, sehingga Ging akhirnya ditemukan dengan Gon. Saat itu Gon meminta maaf karena merasa bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada Kite. Ging mengatakan kepadanya bahwa itu bukan salahnya dan mensyukuri bahwa Kite masih hidup. Dia menyarankan bahwa Gon harus pergi melihat Kite lagi, setelah diteriaki oleh pemburu lainnya. Kemudian, Gon dan Ging bertemu kembali di Pohon Dunia. Saat itu Ging berbicara tentang mengapa ia ingin menjadi Hunter. Dia mengungkapkan bahwa ada  banyak hal didunia ini yang kebanyakan orang tidak tahu dan itu adalah Benua Hitam. Dia memberitahu Gon bahwa Semut Chimera juga berasal dari sana dan memberitahu juga bahwa Ging masih belum memenuhi syarat untuk pergi ke sana. Kemudian Gon mengembalikan  kepadanya Lisensi Hunter bintang ganda miliknya dan mereka berbicara tentang berbagai hal lain. Kemampuannya belum terungkap, tetapi menjadi bagian dari dua belas Zodiak serta merupakan seorang Hunter bintang ganda yang dapat memenuhi syarat untuk Lisensi Bintang tiga, mampu mengalahkan dan menangkap Razor yang juga pengguna Nen yang kuat, juga menjadi incaran  Hisoka yang tertarik akan fakta bahwa mantan Ketua Netero mengatakan bahwa ia adalah salah satu dari lima pengguna Nen terbaik di dunia, berarti bahwa kemampuan bertarungnya dan kemampuan Nennya sangat menakutkan.

    Profil Mito Freecss:
    Mito Freecss
    Mito Freecss adalah bibi nya Gon, atau adik dari istrinya Ging Freecss. Dalam anime, Mito tidak ingin Gon menjadi Hunter seperti Ging, karena Ging hanya datang ke rumah sekali setelah ia mengambil ujian Hunter. Dia tidak ingin Gon meninggalkan keluarganya seperti yang Ging lakukan. Dalam manga, Mito merupakan sepupu Ging. Namun di anime Mito dibuat menjadi adik dari ibu Gon, sehingga membuat Ging menjadi kakak iparnya. Mito marah kepada Ging karena ia meninggalkan kakaknya sendirian di rumah dan ia selalu ikut sedih saat mengetahui kakaknya sedih ketika melihat ke luar jendela dengan harapan suaminya akan kembali. Kakaknya melahirkan Gon dan meninggal tak lama kemudian, tanpa melihat suaminya lagi. Mito tidak ingin Gon menjadi seorang Hunter yang tidak peduli tentang keluarganya seperti ayahnya.


    Profil Nenek Gon:


    Nenek Gon
    Nenek Gon adalah seorang janda tua yang berkepribadian ramah. Dia hidup bersama Mito Freecss di kediaman Gon di Pulau paus. Kesehariannya dia bekerja membantu Mito dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Dia memiliki 2 anak yakni Mito Freecss dan kakaknya (istri dari Ging Freecss). Untuk kegemaran, nenek Gon suka merajut kain.


    Kerabat Ging dan Gon Freecss

    Profil Kite (カイト) / Kaito: 
    Kaito
    Kaito adalah Hunter yang pertama kali diperkenalkan dalam cerita (anime hunter x hunter 1999). Dia adalah murid Ging Freecss, ayah Gon. Setelah menyelamatkan Gon dari beruang raksasa di Pulau Paus, Kaito menuturkan kepada Gon kebenaran tentang ayahnya. Sebelum ia pergi, Kaito meninggalkan kartu lisensi Hunter milik Ging kepada Gon. Setelah menyelesaikan game di Greed Island, Gon menemui Kaito lagi, sementara ia berada di tengah-tengah survei zoologi, mencari spesies baru, di negara Kakin. Pada saat itu, ia memimpin tim calon Hunter muda, sebanyak tujuh anak bernama Pisang Kavaro, Lin Koshi, Monta Yuras, Podungo Lapoy, Spinner Clow, dan Stick Dinner. Kaito dibunuh oleh Neferpitou, tetapi segera dihidupkan kembali menjadi boneka yang dimanipulasi untuk melatih semut chimera. Setelah era konflik semut chimera berakhir, Kaito terlahir kembali menjadi seorang wanita.



    "Laba-laba tidak akan mati meskipun kepalanya telah terputus"

    Ryuseigai
    Genei Ryodan (Phantom Troupe) awalnya berasal dari Ryuseigai (city of the Shooting Star), suatu negara tanpa hukum dan tanpa pemerintahan. Bisa dikatakan bahwa semua informasi tentang negara ini secara tertulis tidak pernah ada. Dengan kata lain, Ryuseigai adalah tempat orang-orang terbuang dan tidak diakui yang bahkan keberadaannya pun tidak dicantumkan dalam peta.

    Anggota awal Genei Ryodan (Ryuseigai)
    Genei Ryodan (Phantom Troupe) adalah komplotan kriminal rank A (paling dicari) yang terdiri dari kumpulan bandit yang memiliki kemampuan istimewa dan merupakan petarung yang  handal. Kurapika berusaha mencari komplotan ini setelah Genei Ryodan (laba-laba) dengan kejamnya membantai suku Kuruta demi mengambil mata pupil merah mereka.

    Masing-masing mata pupil merah tersebut bernilai sangat tinggi. Perburuan Kurapika atas mereka adalah alasan utama dia mengikuti ujian Hunter. Ketika Kurapika telah menguasai Nen, dia pergi menuju pelelangan underworld di York Shin (Yorknew city) dan bekerja sebagai bodyguard Nostrad karena tahu Genei Ryodan pasti akan muncul disana.
    Genei Ryodan dulu
    Setelah 2 tahun 3 bulan tidak bertemu, Genei Ryodan (Phantom Troupe) memutuskan untuk berkumpul di York Shin (Yorknew city) sebelum hari pertama bulan September dengan rencana akan mencuri semua benda yang akan dilelang disana serta membunuh semua orang yang ikut campur disana.

    Tato laba-laba
    Total anggotanya adalah 13 orang termasuk pimpinannya. Masing-masing anggota memiliki kemampuan yang hebat dan mempunyai tato bergambar laba-laba berkaki 12 dengan 1 kepala. Letaknya sendiri dapat berbeda-beda antar anggota. Setiap anggota mempunyai nomornya sendiri-sendiri dimana nomor tersebut tercantum dalam tato mereka (pada perut laba-laba).

    Genei Ryodan (Phantom Troupe) biasanya bergerak sendiri-sendiri dan tidak bekerjasama dengan kelompok lain. Kegiatan mereka didominasi oleh perampokan dan pembunuhan. Setiap anggota Genei Ryodan (Phantom Troupe) mempunyai peran masing-masing, ada yang berperan sebagai petarung utama, ada pula yang berperan sebagai intelegent. Tapi semuanya bergerak atas perintah sang pimpinan.

    Genei Ryodan sekarang
    (Ubogin dan Pakunoda mati, serta Kalluto menggantikan Hisoka)
    Anggota Genei Ryodan (Phantom Troupe) telah bekali-kali berganti sejalan dengan waktu. Siapapun dapat bergabung asalkan ia mendapat persetujuan dari pimpinan dan berhasil mengalahkan anggota Genei Ryodan (Phantom Troupe) yang lain untuk mendapatkan posisinya. Genei Ryodan (Phantom Troupe) juga memiliki aturan dasar seperti organisasi lain pada umumnya seperti pertarungan antara anggota sangat dilarang, pertikaian  diantara anggota kerap kali terjadi karena ada beda pendapat, sebagai solusinya pertikaian itu diselesaikan dengan pelemparan koin (salah satu sisinya adalah kepala dan sisi lainnya adalah ekor).

    Mencegah konflik sesama anggota dengan lempar koin
    Jika seorang anggota dinyatakan hilang, sang pimpinan mempunyai hak untuk menentukan penggantinya. Bisa dikatakan bahwa semua anggota Genei Ryodan (Phantom Troupe) adalah sumber daya yang dapat tergantikan, bahkan sang pemimpin sendiri. Walaupun perintah pimpinan adalah prioritas nomor satu, nyawanya adalah prioritas kedua setelah Genei Ryodan (Phantom Troupe) itu sendiri. Jika pimpinan harus mati, maka Genei Ryodan (Phantom Troupe) harus tetap hidup (dengan mencari ketua yang baru). Tapi hingga kini hal itu tidak pernah terjadi. Sejak awal Genei Ryodan (Phantom Troupe) dibentuk, pemimpinnya masih tetap sama yaitu Kuroro Lucifer.

    Karena keberadaan mereka yang tidak diinginkan (sangat berbahaya), hadiah bagi yang bisa menangkapnya pun sangat tinggi. Tapi hunter profesional sekalipun ternyata tidak bisa menandingi mereka.


    Tipe Hunter professional

    Asosiasi Hunter
    Hunter professional ialah orang-orang yang telah lulus ujian Hunter, biasanya memilih untuk menyelaraskan karir mereka sebagai Hunter sepanjang jalur khusus. Daftar berikut terdiri dari berbagai jenis Hunters yang telah muncul di manga. Tipe-tipe ini tampaknya tidak resmi, tidak ada bagian dari ujian Hunter yang digunakan secara khusus menentukan bidang kandidat.

      Blacklist Hunter -
    Hunter di bidang ini mendedikasikan keahlian mereka untuk melacak para penjahat paling berbahaya dan yang diinginkan. Blacklist Hunter memiliki niat menegakkan keadilan atau bahkan niat balas dendam.

     
    Treasure Hunter - Cukup jelas, Hunter di bidang ini menjelajahi dunia untuk mencari barang-barang langka dan berharga. Pemburu yang mengambil jalan ini cenderung menjadi seorang petualang, atau bahkan seorang yang serakah.

     Kuliner / Epicure Hunters - Tujuan dari Hunter Kuliner adalah untuk mencari dan mengumpulkan bahan-bahan langka, kemudian membawa rasa mereka untuk hidup dengan menggunakan gaya baru dan kreatif memasak. Tes kedua dari ujian Hunter,
    diuji oleh Epicure Hunter. Meskipun tidak pernah dinyatakan secara eksplisit, Epicure Hunter besar kemungkinan mempunyai kemampuan Nen khusus di bidang mereka. Menchi dan Buhara adalah salah satu Epicure Hunters yang dikenal di dunia Hunter.

     
    Archaeological Hunter Hunter tipe ini menunjukkan kecintaannya pada budaya kuno. Hunter arkeologi berdedikasi untuk mengungkap dan menghidupkan kembali situs masyarakat kuno. Ging Freecss, Ayah Gon, adalah Hunter Arkeologi paling terkenal. Satotsu, penguji dari tahap pertama ujian Hunter , mengungkapkan kepada Gon bahwa Ging membuat kontribusi yang tak tertandingi untuk wilayah studi ini.

      
    Wildlife Hunter – Hunter  yang memiliki cinta yang mendalam terhadap alam, yang tugasnya sebagai Hunter Margasatwa melibatkan studi dan pelestarian spesies hewan yang belum ditemukan.

     
    Music Hunter Hunter tipe ini tentu memiliki bakat dalam bermusik, mereka adalah orang-orang yang telah terpilih mendapatkan alat music legendaris. Senritsu (Melody) adalah contoh Hunter dari kategori ini.

     
    Contract Hunter - Pada dasarnya, mereka menemukan orang-orang kaya dan membuat kesepakatan / kontrak dengan mereka. Tidak banyak yang diketahui karena mereka hanya secara singkat dijelaskan oleh Leorio.


    Penguji Ujian Hunter

    Panitia Ujian Hunter

    Profil Netero (ネテロ ): 
    Netero
    Maamen
    Netero merupakan Ketua Komite Seleksi Ujian Hunter (presiden ujian Hunter sekaligus Ketua Asosiasi Hunter). Netero memiliki otoritas tertinggi pada setiap tahap pengujian. Netero dibantu oleh sekretarisnya, Maamen (マーメン) yang membantu mengatur ujian Hunter dan menyajikan calon sukses dengan lisensi mereka. Dalam penampilan pertama dia membuat lompatan bebas-jatuh 60 kaki dari balon udara Komite, dan mendarat tanpa tanda kerusakan di kakinya. Dia disebut-sebut merupakan pengguna Nen terkuat 50 tahun sebelum dimulainya seri. Beberapa dekade sebelum awal seri, Netero menghabiskan empat tahun melakukan sepuluh-ribu pukulan dan berdoa setiap hari untuk menyatakan terima kasih kepada seni bela diri. Waktunya dihabiskan melakukan pukulan-pukulan dan doa-doa untuk memberikan pencerahan padanya, dia memiliki kemampuan pukulan yang lebih cepat dari kecepatan suara dan kekuatan Bodhisattva Guanyin. Netero juga Merupakan grand master Shingen-Ryu Kung Fu. Dia melakukan bunuh diri dalam upaya untuk memusnahkan Raja Chimera Ant dengan memicu bom yang kuat terkait dengan hatinya, namun na'as, hal ini tidak berhasil.   
    Profil Satotsu (サトツ):

    Satotsu
    Penguji pertama dalam ujian Hunter, dia memimpin para peserta ujian dalam marathon dengan jarak tempuh yang sangat jauh melalui terowongan bawah tanah. di tahap pertama peserta diuji dalam hal stamina dan mental. Satotsu merupakan sosok yang sangat mengagumi Ging, berdasarkan percakapan nya dengan Gon saat Ujian Hunter hampir selesai, dia menganggap Ging sebagai Hunter terbaik yang pernah diketahuinya karena kontribusinya yang sangat signifikan pada masyarakat.
    Profil Buhara (ブハラ) Dan Menchi (メンチ):
    Buhara dan Menchi
    Penguji kedua dalam ujian Hunter, Buhara merupakan sosok yang sangat besar dan kuat, serta hobi makan, namun sepertinya dia punya sifat malas. Sedangkan Menchi merupakan sosok yang energik dan sangat sensitif mengenai cita rasa, sehingga sempat dia tidak meluluskan semua peserta karena keras kepalanya menilai cita rasa peserta yang dianggapnya tidak ada yang baik satu pun. Menchi merupakan Epicure Hunter karena cita rasa nya tersebut. Beruntung Netero datang untuk menyuruh diadakan tes ulang dengan alternatif tes. Dia membenci sosok Hisoka yang dalam ujian Hunter kerap meminta bertarung dengannya.
    Profil Lippo (リッポー):
    Lippo
    Penguji tahap ketiga dan keempat, Lippo merupakan penguji berkacamata dengan potongan rambut mowhawk. Dia mengatur pertarungan peserta di menara trik melawan para petarung maupun kriminal yang disiapkan. Dia sangat terkesan dengan kemampuan para peserta setelah melihat aksi Hisoka, Killua maupun yang lainnya yang dianggap punya kekuatan diatas normal. 

    Profil Penguji ujian hunter yang ke 288:


    hunter examiner
    Penguji ini tampil saat ujian Hunter yang ke 288, yang pada saat itu dia meluluskan satu-satunya peserta yakni Killua. Hal itu berlangsung saat ujian tahap pertama, dia menyuruh semua peserta ujian hunter saling bertarung untuk mendapatkan 5 pin nomor lawan. Namun selang beberapa menit dia menunggu dibalik pintu, dia terkejut karena mendapati Killua telah mengambil seluruh pin nomor peserta lain yang dipingsankannya dahulu. Karena kemampuannya telah teruji dan ditambah dia telah menguasai Nen, maka Netero langsung meluluskan Killua sehingga dia mendapatkan juga lisensi hunter layaknya Gon, Kurapika dan Leorio yang mendapatkanya terlebih dahulu pada ujian hunter yang ke 287.


      Keluarga Zaoldyeck



      Zaoldyeck Family
      Keluarga Zaoldyeck
      Zaoldyeck adalah keluarga pembunuh paling berbahaya di dunia Hunter × Hunter. Keluarga ini tinggal di gunung Kukuru, sebuah gunung berapi tidak aktif di provinsi Dentora Republik Padokia. wilayah mereka dikelilingi oleh dinding batu yang besar, dan dijaga oleh anjing raksasa (Mike) dan para pelayannya yang sangat terampil . Hanya sedikit yang diketahui di dalam rumah. Ada begitu banyak misteri yang mengelilingi keluarga Zaoldyeck, sehingga foto-foto anggota keluarga itu dapat dijual dengan harga jutaan.

      Profil Maha Zaoldyeck:

      Maha
      Maha Zaoldyeck
      Umur: 98 tahun
      Tinggi: 140
      Berat: 60

      Maha Zaoldyeck adalah kakek dari Zeno dan pembunuh bayaran tertua di keluarga Zaoldyeck. Maha hanya muncul sekali dalam seri bersama Kalluto dan Illumi dalam sebuah misi untuk membunuh 10 GodFather di kota York Shin (Yorknew city). Maha adalah satu-satunya pengguna Nen jenis Kyoka di keluarga Zaoldyeck, dan merupakan Zaoldyeck tertua dengan usia 98 tahun. Hal ini juga dicatat oleh Zeno bahwa Netero adalah satu-satunya orang hidup yang pernah selamat berjuang dengannya.

      Profil Zeno Zaoldyeck:

      Zeno
      Zeno Zaoldyeck
      Umur: 67 tahun
      Tinggi: 161
      Berat: 58
      Tipe Nen: Henka
      Kemampuan: Dragon Head "Long-Tou Xi-Hua"

      Zeno Zaoldyeck adalah kakek Killua ,ayah dari Silva Zaoldyeck. Seorang kakek tua yang cerdas, Zeno memakai tanda bolak balik di pakaiannya yang berbunyi "A Kill A Day". Zeno merupakan salah satu pengguna Nen terkuat di dunia Hunter x Hunter. Saat pertempuran di kota York Shin (Yorknew city), dia menggunakan kemampuan En (kemampuan memperluas area Nen untuk melacak keberadaan musuh) nya dari atap gedung dengan radius 300 meter untuk melacak keberadaan Kuroro yang menjadi targetnya. Ia tampaknya memiliki hubungan baik dengan Ketua Komite Hunter, Netero, yang menjadi client nya untuk menyerang markas raja semut chimera di istana Gorteau Timur. Menurut Zeno, Killua mempunyai kekuatan lebih dari cucu-cucu nya yang lain. Kemungkinan besar karena Killua adalah pewaris keluarga Zaoldyeck.

      Profil Silva Zaoldyeck:

      Silva
      Silva Zaoldyeck
      Umur: 46 tahun
      Tinggi: 190
      Berat: 110
      Tipe Nen: Henka

      Silva Zaoldyeck adalah ayah Killua. Seorang yang pendiam dan perenung. Dia tidak banyak berinteraksi dengan Killua. Ia membolehkan Killua untuk pergi bersama dengan Gon pada perjalanan mereka untuk menemukan Ging Frecss, hanya karena ia memandang hal itu sebagai langkah mengembangkan potensi Killua yang nantinya di gadang bisa meneruskan tonggak sejarah keluarga Zaoldyeck. Saat lelang internasional di kota York Shin (Yorknew city), Silva dan Zeno sama-sama disewa oleh 10 GodFather untuk menghabisi Genei Ryodan, tapi mereka mengundurkan diri dari pekerjaan saat pertarungan dengan Kuroro ketika client mereka telah dibunuh terlebih dahulu oleh Illumi, Maha, dan Kalluto yang disewa oleh Kuroro. Disuatu saat Silva mempertemukan Killua pada Alluka yang ingin meminta bantuannya untuk menyembuhkan Gon yang kritis di waktu hari pemilihan ketua Asosiasi Hunter yang baru sepeninggal Netero.

      Profil Kikyo Zaoldyeck

      Kikyo
      Kikyo Zaoldyeck
      Kikyo Zaoldyeck adalah ibu Killua. Diceritanya, dia sempat terluka saat berusaha mencegah Killua melarikan diri dari rumah untuk mengikuti ujian Hunter, meskipun ia sangat bangga Killua dapat melakukannya. Dia adalah sosok ibu dari keluarga Zaoldyeck dan merupakan pembunuh dirinya sendiri. Dia tampaknya sedikit paranoid dan berhati-hati dari teman-teman Killua. Kikyo sangat peduli dan menjaga Killua, karena dia meyakini bahwa Killua adalah satu-satunya anak yang pantas melanjutkan tradisi bisnis keluarga Zaoldyeck, begitu juga menurut Illumi yang menuturkan bahwa Killua adalah putra kesayangannya. Kikyo memiliki tinggi 170 cm dan gaun di era Victoria. Wajahnya ditutupi perban dan memiliki pelindung elektronik yang menutupi matanya. Penutup elektronik itu juga mampu digunakan sebagai perangkat komunikasi, serta tujuan lain yang tidak diketahui.

      5 bersaudara keluarga Zaoldyeck
      Profil Illumi Zaoldyeck:

      Illumi
      Illumi Zaoldyeck
      Umur: 24 tahun
      Tinggi: 185
      Berat: 68
      Tipe Nen: Sosa
      Kemampuan: Memanipulasi manusia dengan jarumnya

      Illumi Zaoldyeck adalah kakak tertua Killua. Saat ujian Hunter, Illumi menyamar sebagai Gittarackur, menggunakan jarum khusus untuk mengubah seluruh struktur wajah, hingga ia hanya dapat dikenali dengan suaranya. Aura yang mencekam darinya bahkan dapat membuat Killua takut dan waspada setiap kali ia mendekat ke Illumi. Dia juga yang menanamkan pola pikir negative di dalam otak Killua melalui jarum yang ia tancapkan, memaksa Killua untuk lari dari pertempuran yang ia tidak yakin untuk bisa memenangkannya, atau dia akan mati. Illumi bersahabat dengan Hisoka, meskipun tidak jelas bagaimana itu terjadi. Sesekali dia juga membantu Hisoka untuk dapat membunuh Kuroro Lucifer. Illumi kembali tampil saat pemilihan Ketua komite Hunter yang baru sepeninggal Netero dan kemudian berencana untuk merebut Alluka dari tangan Killua.

      Profil Milluki Zaoldyeck:
      Milluki
      Milluki Zaoldyeck
      Umur: 19
      Tinggi: 182
      Berat: 141
      Tipe Nen: Sosa

      Milluki Zaoldyeck adalah kakak tertua kedua Killua dengan sosok gemuk yang memiliki keinginan yang kuat untuk melakukan segala macam aktivitas fisik. Bahkan, sebelum pelelangan di Kota YorkShin (Yorknew city), Milluki tidak meninggalkan rumah selama delapan tahun. Ia tampaknya menjadi semacam otaku, karena kamarnya ditutupi dengan patung-patung wanita dari berbagai anime dan permainan komputer. Milluki adalah hacking berbakat dalam sistem komputer, seperti Killua yang memintanya untuk menghack kartu memori dari Ging Frecss. Ia sempat terluka saat menghentikan Killua yang akan pergi mengikuti ujian Hunter. Milluki juga bertugas untuk menyiksa Killua (setelah ujian Hunter) sebagai hukuman karena dia telah kabur dari rumah, tetapi tidak memiliki dorongan untuk melaksanakannya karena sangat melelahkan dan memerlukan pengerahan tenaga fisik yang ekstra.

      Profil Killua Zaoldyeck:


      Killua
      Killua Zaoldyeck
      Killua Zaoldyeck merupakan anak dari keluarga pembunuh bayaran proffesional yang sangat terkenal dan ditakuti oleh banyak kalangan. Memiliki sifat yang sangat cuek dan suka semaunya sendiri. Dia bertemu dengan Gon pada ujian Hunter, namun sayang dia didiskualisifikasi dalam ujian hunter yang pertama karena tekanan kakaknya, Illumi Zaoldyeck. Karena pengaruh kakaknya itu, setelah ujian Hunter, Killua terpaksa kembali kerumahnya. Karena perjuangan tekad Gon, Kurapika,dan Leorio yang berani menerobos masuk ke kediaman keluarga Zaoldyeck di Gunung Kururu , maka akhirnya Killua pun ikut kembali bersama Gon, dan sejak saat itu Gon dan Killua tidak pernah berpisah. Killua memiliki Nen bertipe Henka, atau transformasi. Killua mengubah kekuatan Nen miliknya menjadi suatu kekuatan listrik yang cukup mematikan. Killua telah dilatih sedemikian rupa untuk menjadi seorang pembunuh proffesional, terbukti dengan mampunya ia membuka 3 pintu gerbang rumahnya, yang notabene beratnya 16 ton. Killua juga tahan terhadap racun dan aliran listrik. Killua juga memiliki teknik kecepatan cahaya dari transformasi jurus listriknya yang ia gunakan saat melawan semut chimera.

      Profil Alluka Zaoldyeck:
      Nanika
      Alluka / Nanika Zaoldyeck
      Umur: 11 tahun
      Kemampuan khusus: mampu mengabulkan segala permintaan, dengan sebuah perjanjian khusus.

      Alluka Zaoldyeck adalah anak yang hilang dari keluarga Zaoldyeck. Dia merupakan adik pertama Killua sekaligus kakak dari Kalluto. Killua merupakan anggota keluarga yang paling dekat dengan Alluka yang sangat disayangi. Cara alternatif menemukan namanya adalah melalui pola Zaoldyeck dilihat dari nama anak laki-laki dari tertua ke termuda: IlluMilluKilluAlluKalluto. beredar spekulasi bahwa ia meninggalkan keluarganya, dan hal inilah yang membuat adiknya, Kalluto bergabung dengan Genei Ryodan untuk menemukannya. Namun pada kenyataannya, ternyata Alluka berada diruangan khusus yang terisolir di kediaman Zaoldyeck, ini diketahui oleh Silva dan kemudian menunjukannya pada Killua yang ingin menemuinya. Killua ingin meminta bantuan pada Alluka untuk menyembuhkan Gon yang kritis setelah bertarung dengan Nefelpitou dengan kekuatan penuh. Kemampuan mengabulkan segala permintaan dengan perjanjian khusus ini dapat dilakukan ketika Alluka berubah menjadi wujud Nanika. Kemampuan Nanika inilah yang membuat Illumi bernafsu untuk membunuhnya karena diketahui Nanika dapat mengabulkan permintaan yang sangat berat dengan konsekuensi salah satu anggota keluarga Zaoldyeck akan jadi tumbalnya (mati). Walupun begitu diketahui pula hanya Killua yang bisa memerintah Alluka dalam wujud Nanika untuk mengabulkan permintaan tanpa ada syarat khusus apapun.
      Profil Kalluto Zaoldyeck:


      Kalluto Zaoldyeck
      Umur: 10 tahun
      Tinggi: 150
      Berat: 31
      Tipe Nen: Sosa
      Kemampuan Nen: The Paper Master

      Kalluto Zaoldyeck adalah adik dari Killua. Ia awalnya diperkenalkan menemani ibunya saat bertemu Gon, Leorio dan Kurapika yang ingin bertemu dengan Killua setelah ujian Hunter. Kalluto muncul lagi saat membantu kakaknya Illumi dalam misi pembunuhan terhadap 10 GodFather yang diminta oleh Kuroro sebagai client nya. Kalluto juga pernah datang ke markas Genei Ryodan untuk membantu Hisoka keluar dengan memberikan jarum khusus titipan Illumi. Setelah Genei Ryodan masuk ke Greed Island, Kalluto bergabung sebagai pengganti Hisoka. Kalluto muncul lagi dalam cerita saat penyerangan Genei Ryodan ke istana serangga di Zazan Meteor City, ia mengungkapkan bahwa alasan ia bergabung dengan “Laba-laba” adalah untuk menemukan kakaknya yang hilang, Alluka. Banyak yang bingung tentang jenis kelamin Kalluto. Dalam manga, dikatakan bahwa keluarga Zaoldyeck memiliki lima anak laki-laki, tetapi ketika Gon, Kurapika dan Leorio pergi ke gunung Kukuru untuk menemui Killua, Kalluto diperkenalkan oleh Kikyo Zaoldyeck sebagai anak perempuanya.



      Dua Belas Zodiak (Junishin)




      Dua belas Zodiak
      Dua belas Zodiak (十二支 ん Jūnishin) merupakan satu kelompok terdiri atas dua belas anggota Hunter Proefesional yang telah diakui dan dipercaya oleh Ketua Netero. Ketua akan mempercayakan pada mereka ketika  Asosiasi Hunter dalam keadaan darurat, dan juga akan berdebat dengan mereka di waktu luangnya. Mereka masing-masing memiliki nama kode yang berkaitan dengan salah satu dari tanda-tanda zodiak Cina, yang sebagian besar dari mereka memilih untuk mencocokkan dengan penampilan luarnya sebagai bentuk pemujaan untuk Netero.

      Profil Pariston Hill (パリストン = ヒル):

      Pariston Hill
      Pariston Hill adalah Hunter Bintang Tiga dan mantan wakil Ketua Asosiasi Hunter selama 3 tahun saat kepemimpinan Netero (Pariston turut bertanggung jawab atas menghilangnya 18 Hunter secara misterius selama masa kepemimpinannya). Ia juga merupakan mantan anggota Zodiak dengan "Tikus" sebagai julukannya. Dia juga merupakan ketua Asosiasi Hunter yang ke 13 untuk waktu yang singkat sebelum jabatanya itu ia serahkan pada Cheadle. Selanjutnya dia memilih untuk bergabung dengan kelompok bentukan Beyond Netero (orang yang mengaku sebagai anak Ketua Netero) dalam ekspedisi ke benua hitam (Cheadle mengumumkan bahwa Pariston meminta untuk mundur dari Zodiak dan semua anggota menyetujuinya). Pariston memiliki gaya rambut agak panjang, dia mengenakan setelan bergaris-garis, dan merupakan salah satu dari dua anggota Zodiak yang tidak berubah penampilannya (tidak terlihat seperti binatang yang ia wakili). Menurut Ging, kepribadian Pariston adalah seperti Netero dan dirinya sendiri. Pariston hanya suka bermain-main dan menikmati dirinya sendiri. Anggota lain dari dua belas Zodiak  menunjukkan ketidaksukaan yang kuat padanya termasuk dengan metodenya. Kemampuan Pariston yang masih belum terungkap, tetapi menjadi bagian dari dua belas Zodiak, Wakil Ketua Asosiasi Hunter dan Hunter Bintang Tiga, ia pastilah termasuk seorang pengguna Nen kuat.

      Profil Mizaistom Nana (ミザイストム · ナナ ):

      Mizaistom
      Mizaistom Nana adalah Hunter bintang ganda dan juga anggota dari dua belas Zodiak dengan "Lembu" sebagai kode namanya. Mizaistom adalah seorang pria dengan jenggot kecil yang memiliki bintik hitam mirip dengan lembu di atributnnya, topinya dan bahkan sekitar mata kirinya. Topinya juga memiliki sepasang tanduk yang menyerupai lembu. Mizaistom memiliki kepribadian sebagai pengamat yang tak banyak bicara, yang berpikir sebelum bertindak. Memang, meskipun marah akibat 18 Huntar yang hilang selama waktu Pariston menjabat sebagai Wakil Ketua Asosiasi Hunter, ia memberinya kesempatan untuk menjelaskan. Menjadi salah satu dari dua belas Zodiak, Mizaistom tentunya merupakan salah satu Hunter terbaik meskipun kemampuan Nennya masih belum terungkap.

      Profil Kanzai (カンザイ):


      Kanzai
      Kanzai adalah seorang Hunter Profesional dan juga merupakan anggota dari dua belas Zodiak dengan kode nama "Harimau". Kanzai adalah seorang pria ramping dengan tinggi rata-rata, rambutnya runcing dengan corak garis mirip harimau yang melingkupi rambut dan wajahnya. Ia memiliki gigi tajam seperti layaknya harimau. Dia juga selalu terlihat mengenakan seragam bisbol. Kanzai termasuk tipe yang mudah emosi terbukti karena ia selalu terlihat dalam perdebatan dengan semua orang. Menjadi anggota dari Zodiac Dua Belas, Kanzai dianggap sebagai salah satu Hunter terbaik di dunia. Selama putaran pertama pemungutan suara untuk ketua baru Asosiasi Hunter, Hisoka menilai kekuatan Kanzai sebesar 85 dari 100 poin.

      Profil Piyon (ピヨン):


      Piyon
      Piyon adalah seorang Hunter Profesional dan juga merupakan anggota dari dua belas  Zodiak dengan kode nama "Kelinci". Piyon adalah seorang wanita muda dengan tinggi rata-rata dan potongan rambut agak panjang. Dia memakai kostum yang terdiri dari sepasang telinga kelinci, rok mini, ekor berbulu kapas, sepasang penghangat lengan panjang, dan kerah, yang membuat dia terlihat agak mirip dengan kelinci Playboy. Piyon tampaknya memiliki sikap santai. Selama rapat dua belas Zodiak dia selalu terlihat bermain dengan ponsel atau laptopnya. Satu-satunya hal yang membuatnya tampak marah adalah ketika Pariston mengatakan ia ingin menjadi Ketua baru tanpa pemilu. Selain itu Piyon juga sangat benci jika diabaikan. Piyon masih belum  menunjukkan kemampuan Nennya, tetapi menjadi salah satu dua belas Zodiak, dia dianggap salah satu yang Hunter terbaik. Namun, Hisoka hanya menilai 77 dari 100 poin kekuatan keseluruhannya.

      Profil Botobai Gigante (ボトバイ · ギガンテ):


      Botobai
      Botobai Gigante adalah seorang Hunter bintang Tiga dan juga anggota tertua dari dua belas Zodiak dengan julukan "Naga". Botobai berpostur sangat tinggi dan kekar untuk ukuran pria paruh baya. Wajahnya penuh keriput dengan kumis Hungaria dan alis tebal yang miring ke atas membuatnya sepertinya wajah seekor naga Asia. Rambutnya dikumpulkan menjadi dua bundel yang terlihat seperti api. Dia memakai mantel panjang yang memiliki kerah api-seperti dengan simbol kepala naga yang tercetak di bagian belakangnya. Botobai adalah seorang yang tenang dan pendiam. Satu-satunya saat ia tampak kehilangan kesabarannya adalah ketika Pariston mengusulkan gagasan bahwa dirinya ingin menjadi Ketua baru tanpa pemilu. Kemampuan Nennya masih belum diketahui. Tapi karena ia adalah anggota paling senior di dua belas Zodiak dapat diperkirakan bahwa ia sangat kuat.

      Profil Gell: (ゲル): 


      Gell
      Gell adalah seorang Hunter profeesional dan juga merupakan anggota dari dua belas Zodiak dengan "Ular" sebagai kode namanya. Gell adalah seorang wanita yang sangat langsing dan kurus, dan memiliki rambut yang sangat panjang, hitam dan lurus. Matanya mirip dengan ular. Dia memakai gaun hitam panjang dengan belahan dada yang besar yang menekankan payudaranya yang besar. Gell biasanya muncul dengan tenang dan reflektif, dan menunjukkan tanda-tanda kebencian hanya saat melawan Pariston, samapi dia tidak ragu-ragu untuk menyerang. Gell bersama dengan anggota dua belas Zodiak yang lain terkejut, ketika dia tahu bahwa negara Kakin akan melakukan ekspedisi ke Benua Hitam, dan yang terutama bahwa orang yang akan memimpin ekspedisi tersebut mengklaim sebagai putra ketua Asosiasi Hunter sebelumnya Isaac Netero, yang juga identik dengan dirinya, dan disebut Beyond Netero. Dia kemudian bersama dengan dua belas Zodiak yang lain mendapat tugas khusus yakni “Memburu Beyond Netero”. Menjadi salah satu dua belas Zodiak, Gell adalah salah satu Hunter terbaik. Kemampuan Nennya belum terungkap, tapi dia sempat menunjukkan kemampuan untuk mengubah lengannya menjadi ular. Memberi sedikit hal yang diketahui tentang kemampuannya adalah aman untuk mengasumsikan Nennya termasuk jenis Transmutasi.

      Profil Saccho Kobayakawa (サッチョウ = コバヤカワ):


      Saccho Koboyakawa
      Saccho Kobayakawa adalah Hunter bintang ganda dan juga merupakan anggota dari dua belas Zodiak dengan julukan "Kuda." Saccho adalah seorang pria berwajah kuda dengan dua gigi depan menonjol. Dia memakai yukata dan sabuk dengan dua ekor kuda di belakang. Rambut panjang hitamnya diikat seperti ekor kuda. Untuk kepribadiannya Saccho termasuk seorang pria tenang. Sama seperti yang lain dia juga termasuk pengguna Nen yang kuat dengan fakta bahwa dia termasuk anggota dua belas Zodiak.

      Profil Ginta (ギンタ):


      Ginta
      Ginta adalah seorang Hunter professional dan juga merupakan anggota dari dua belas Zodiak dengan kode nama "Domba." Ginta adalah seorang pria gemuk besar dengan bibir afro tebal dan kumis hitam tebal di sekitar mulutnya. Dia memakai tank top hitam yang memiliki bendera Inggri dicetak pada daerah perutnya, serta dua tanduk yang terlihat seperti seekor domba jantan di sisi kepalanya, sepasang sandal jepit, dan jubah bulu domba. Ginta tampaknya adalah seorang pria emosional dan pemarah. Selama pertemuan pertama dua belas Zodiak untuk membahas pemilihan ketua baru, ia adalah satu-satunya anggota yang menangis atas kematian Ketua Netero. Dan ketika Pariston mengatakan bahwa ia ingin menjadi ketua baru tanpa pemilu, Ginta meledak marah dan mengancam untuk membunuhnya. Ginta belum menunjukkan kemampuan Nennya, tetapi menjadi anggota dari dua belas Zodiak tentu ia termasuk salah satu Hunter terbaik. Hisoka menilai keseluruhan kekuatannya sebanyak 90 dari 100 poin.

      Profil Saiyu (サイユウ):


      Saiyu
      Saiyu adalah seorang Hunter professional dan juga merupakan anggota dari dua belas Zodiak dengan julukan "Monyet." Saiyu adalah seorang pria kurus dengan potongan rambut sangat pendek. Bagian dari rambut di belakang dan di atas kepalanya dicukur untuk membentuk dua bentuk jantung kecil. Secara umum, wajahnya tampak seperti monyet. Dia memakai ikat kepala, yang kemungkinan besar merujuk pada ikat kepala ajaib dari Raja Monyet (Sun Wukong, Clasic Journey dari Cina ke Barat), sepasang gelang yang panjang, dan jaket lengan pendek cukup untuk menunjukkan perut six pack nya. Saiyu merupakan tipe yang tidak takut mengatakan hal-hal tidak baik atau kasar tentang 2 anggota dua belas Zodiak Ging dan Pariston. Kekasaran nya tampaknya disukai oleh Cheadle “Anjing”. Sejauh ini kemampuannya masih belum ditampilkan. Tapi menjadi bagian dari dua belas Zodiak, Saiyu tentu saja termasuk salah satu Hunter terbaik dan pengguna Nen yang kuat.

      Profil Clook (クルック):


      Clook
      Clook adalah seorang Hunter professional dan juga merupakan anggota dari dua belas Zodiak dengan "ayam" sebagai kode namanya. Clook adalah seorang wanita yang memiliki rambut cahaya yang dikumpulkan oleh lingkaran berbulu. Dia memakai gaun ditutupi dengan bulu untuk mewakili kode namanya. Kepribadian Clook mirip seperti Kanzai yakni pemarah. Menjadi salah satu dari dua belas Zodiak, Clook termasuk salah satu Hunter terbaik. Kemampuan Nen Clook untuk memanipulasi burung masih belum terungkap, tapi dia sempat menunjukkan kemampuan untuk mengendalikan jumlah burung yang belum ditentukan. Memberi sedikit hal yang diketahui tentang kemampuannya itu aman untuk mengasumsikan Nennya termasuk jenis Manipulasi, kemampuannya tampaknya mirip dengan Sukuwara yang juga bisa mengendalikan hewan (anjing dalam kasusnya).

      Profil Cheadle Yorkshire (チードル · ヨークシャー):


      Cheadle
      Cheadle Yorkshire adalah Hunter bintang Tiga dan juga merupakan anggota dari dua belas Zodiak dengan kode nama "Anjing." Dia juga merupakan ketua Asosiasi Hunter baru yang terpilih. Cheadle adalah seorang wanita berkacamata dengan tinggi rata-rata dengan potongan rambut agak panjang. Dia mengenakan sebuah mahkota yang memiliki sepasang atribut seperti telinga, serta gaun konservatif putih panjang dan Capelet putih dengan salib di bagian depan lehernya. Rahang atas dan hidungnya juga terlihat seperti anjing. Cheadle terbukti merupakan orang yang tenang dan intelektual. Dia tampaknya lebih cerdas daripada kebanyakan dua belas Zodiak, bahkan Pariston mengakui bahwa keterampilan proseduralnya lebih rendah dibandingkan dengannya​​. Dalam pemilihan Ketua Asosiasi Hunger yang baru, dia bersaing ketat dengan Pariston sampai akhir, walau dia kalah pada akhirnya namun dialah yang jadi Ketua Asosiasi Hunter yang baru setelah Pariston memberikan kemenangannya tersebut pada Cheadle. Walau sempat heran dan kesal tentang apa yang telah dilakukan Pariston tersebut, dia akhirnya bisa menerima meski Pariston sempat mengancam kalu dia sewaktu-waktu bisa merebut posisi ketua kembali jika dia merasakan Asosiasi Hunter yang dipimpin Cheadle dirasa membosankan. Kemampuan Nen Cheadle belum ditampilkan tapi karena dia adalah bagian dari dua belas Zodiak dan Hunter bintang tiga, dia kemungkinan besar merupakan pengguna Nen yang kuat.

      Lisensi Hunter
      Lisensi Hunter
      Tampilan lisensi Hunter adalah dalam bentuk kartu normal. Kartu ini sedikit lebih tebal dan memiliki kandungan chip komputer. Bagian depan menunjukkan peringkat Hunter, dan memiliki strip magnetik dengan nomor seri yang unik yang mengidentifikasi setiap individu pada lisensi mereka. Kartu ini juga berfungsi seperti kartu kredit, dengan mesin kartu yang dapat digesek dan membaca lisensi. Lisensi ini juga dilengkapi dengan berbagai manfaat ekstra. Meskipun manfaat ini hanya dapat digunakan oleh ijin dari pemilik sebenarnya, lisensi Hunter merupakan koleksi barang yang berharga, dan dapat dijual untuk penawaran harga yang fantastis (uang yang cukup  untuk 7 generasi keturunan dalam kehidupan yang mewah.

      Gon dan Lisensi Hunternya
      Kegunaan:
      Hal yang pertama dan terpenting dari manfaat lisensi Hunter adalah ketenaran yang tak tertandingi, karena didunia Hunter X Hunter hanya segelintir orang yang mempunyai lisensi Hunter. Berikutnya adalah keuntungan material, yang meliputi:

           1. Memiliki diskon 95% pada semua layanan publik (yaitu Hotel
      (penginapan), makanan, transportasi, dll). Selain itu, semua layanan tersebut diberikan dengan kelas no satu.

               2. Kebebasan yang tak tertandingi untuk melakukan perjalanan di seluruh dunia. Mereka diberikan akses ke sekitar 90% dari negara-negara yang biasanya terbatas
      bagi orang luar, dan akses sampai 70% dari daerah yang biasanya dianggap 'terlarang'.

              3. Tidak ada tanggung jawab hukum
      dalam membunuh orang (pada dasarnya ini berarti segala jenis pembunuhan yang dilakukan seorang Hunter dianggap sebuah misi dan tidak terpengaruh dengan aturan hukum)



      Peringkat:
      Setelah lulus Ujian Hunter, kandidat akan menerima Lisensi Hunter standar. Namun,
      seorang Hunter dapat diberikan bintang untuk kontribusinya yang signifikan bagi masyarakat.

         
      Bintang 1 - diberikan kepada seorang Hunter yang telah membuat kontribusi yang signifikan terhadap bagian dari masyarakat.

         
      Bintang 2 - diberikan kepada seorang Hunter yang telah membuat kontribusi yang signifikan untuk beberapa bidang.

        
      Bintang 3 - diberikan kepada seorang Hunter yang telah memberikan kontribusi luar biasa kepada masyarakat atas beberapa bidang. Ini adalah peringkat paling langka dan paling sulit diperoleh, dan dianggap suatu kehormatan besar. Jumlah Hunter professional yang mendapat bintang 3 yaitu sekitar 10 orang.



      Leave a Reply

      Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

      Welcome to My Blog
      Hak Cipta §© SUWANDA SITORUS. Diberdayakan oleh Blogger.

      - Copyright © Manga Naruto One Piece Beelzebub Hunter × Hunter Terbaru Bahasa Indonesia -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by suwandasitorus -